Selasa, 23 Desember 2008

PROPOSAL PENELITIAN RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP.

Prabu Teguh Wibowo/10206727/3EA01
Teguhdkk.wordpress.com


Tema Penelitian : Kepuasan konsumen
Judul Penelitian: Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.



1. Latar Belakang

Dewasa ini, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, dan terbatasnya lapangan pekerjaan, mengakibatkan meningkatnya jumlah pengangguran. Sehingga tak sedikit dari mereka yang mencoba untuk beralih kewiraswasta. Salah satunya yang paling banyak diminati adalah usaha rumah makan / restoran. Hal ini dikarenakan makanan adalah salah satu kebutuhan pokok, dimana setiap manusia selalu membutuhkannya, dan tentunya kebutuhan akan makanan tidak akan pernah ada habisnya..
Adanya banyak rumah makan /restoran tentunya akan menjadi kendala bagi para pengusaha. Dimana akan adanya persaingan diantara mereka, terutama untuk usaha rumah makan yang sejenis. Sehingga tak sedikit dari pengusaha yang mencoba berbagai macam cara guna meningkatkan jumlah pelanggannya, salah satunya adalah dengan cara promosi. Faktor tersebutlah yang mendorong dilakukannya penelitian ini.

2. Perumusan Masalah
Permasalahan dalam penelitian ini antara lain :
• apakah kegiatan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan pada restoran steak & ribs kenyot corp ?
• Dan dari variabel – variabel promotion, yang terdiri dari kombinasi iklan, sales promotion, dan personal selling, variabel mana yang paling mempengaruhi minat konsumen ?

3. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk :
• mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan pada restoran steak & ribs kenyot corp.
• mengetahui varibel mana dari ketiga variabel promotion yang paling mempengaruhi minat konsumen

4. Metode Penelitian
Populasi & Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan restoran steak & ribs kenyot corp. Dimana jumlah populasinya adalah 100 dan jumlah sampelnya adalah 50.
Model
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dimana penulis melakukan penyebaran kuesioner kepada 50 responden yang disebar ke karyawan dan karyawati yang bekerja disekitar restoran steak & ribs kenyot corp.
Dalam penulisan ini peneliti menggunakan skala Likert dan skala peringkat lainnya dalam menilai kepuasan konsumen. Skala Likert yang digunakan peneliti dalam melakukan analisa data yaitu dimana setiap jawaban yang didapatkan akan diberi bobot nilai yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan yaitu:
Untuk kuesioner mengenai kepuasan, maka bobot yang akan diukur sebagai berikut :
Angka 4 = Sangat setuju
Angka 3 = Setuju
Angka 2 = Tidak Setuju
Angka 1 = Sangat tidak setuju
Dari tiap-tiap bobot nilai yang diberikan kepada masing-masing pilihan jawaban kemudian akan dikaitkan dengan jumlah responden.
a. % jumlah responden : jumlah x 100%
50
b. Nilai tertinggi : 4 x 50 = 200
c. Nilai terendah : 1 x 50 = 50
Lalu setelah itu akan dicari Arithmetic Mean (rata0rata hitung) (Anto Dajan, 1986, halaman 115):

Rata-rata hitung = Jumlah bobot nilai
Ni
Dimana Ni adalah jumlah responden yang memilih skala evaluasi tertentu.

Variabel

variable-variabel yang diambil oleh penulis adalah variabel promotion mix seperti kombinasi iklan, sales promotion, dan personal selling.

5. Rancangan Analisis
Uji Chi Square yang digunakan untuk menguji kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen diperoleh dengan menghitung frekuensi yang diharapkan (Fh) dengan frekuensi yang dihasilkan oleh kuesioner (Fo). Dan untuk mengetahui atribut yang paling dominant terhadap kepuasan konsumen. Uji Chi Square dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 13.0.

6. Penutup
Kesimpulan

Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa promosi merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Dari 3 variabel promosi yang ada yaitu kombinasi iklan, sales promotion, dan personal selling variabel yang paling mempengaruhi minat konsumen adalah variabel sales promotion dan variabel yang kurang berpengaruh terhadap minat konsumen adalah variabel personal selling.
Saran
Saran peneliti untuk bagian manajemen restoran steak & ribs kenyot corp adalah sebaiknya restoran tersebut melakukan kegiatan promosi guna menarik minat konsumen dan kegiatan promosi yang sebaiknya dilakukan adalah sales promotion. Dimana retoran tersebut melakukan promosi dengan menjual produknya dengan harga yang lebih murah untuk jangka waktu tertentu.

1 komentar:

pri mengatakan...

poor work, because there isn't red lines between topics, background and problems, and also you didn't describes clearly research model and variable.

Rgds
Prihantoro