Jumat, 24 Oktober 2008

Tugas metode riset 2

Nama : Prabu Teguh Wibowo
Kelas/NPM : 3EA01/10206727
Pengarang : Sumarjo
Judul : Analisis pengaruh kognisi, budaya kerja, dan kepemimpinan terhadap
kedisiplinan pegawai dikecamatan slogohimo kabupaten wonogiri.
Topik : Pengaruh karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, dan
karakteristik situasi kerjaterhadap motivasi.
Alamat Website : http://eprints.ums.ac.id/797/1/Jurnal Daya Saing 1 3.pdf


ANALISIS

Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara survey terhadap pendapat responden dengan menggunakan kuesioner yang berisi butir – butir pernyataan. Terhadap data yang telah diperoleh melalui kuesioner, maka langkah awal yang dilakukan adalah melakukan pengujian validitas dan reliabilitas atas butir – butir pertanyaan yang ada dalam kuesioner. Setelah tahapan ini, langkah berikutnya adalah melakukan penskoran dan pengujian hipotesisuntuk mendapatkan jawaban senyatanya. Untuk menguji hipotesis, dilakukan dedngan analisis regresi linier berganda(multiple linear regression) dengan metode OLS (Ordinary Least Square).
Dari hasil pengujian validitas terlihat bahwa untuk variabel kedisiplinan dan budaya tidak satupun butir kuesioner yang memilliki nilai r hitung lebih kecil dari nilai r table. Dengan demikian, seluruh butir dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut. Untuk variabel kepemimpinan terdapat 6 butir yang dinyatakan tidak valid, yaitu butir yang diberi inisial: pimpin 27, pimpin 33, pimpin 34, pimpin 40, pimpin 54, dan pimpin 57. Sedangkan untuk variabel kognitif terdapat 3butir yang dinyatakan tidak valid, yaitu butir yang diberi inisial: kogni 12, kogni 16, dan kogni 20. Butir yang tidak valid tersebut dikeluarkan atau tidak digunakan untuk analisis pembuktian hipotesis lebih lanjut.
Dari hasil pengujian reliabilitas tampak bahwa semua kelompok butir pada setiap variabel mempunyai nilai r alpha yang lebih besar dari nilai r table yang besarnya 0,1976. Rincian nilai r alpha masing – masing variabel, yaitu: variabel kedisiplinan sebesar 0,8029; variabel kognitif sebesar 0,7354; variabel budaya kerja sebesar 0,7987; dan variabel kepemimpinan sebesar 0,9573. Dengan demikian seluruh butir kuesioner yang ada telah dapat dinyatakan valid dan andal (reliable).
Dari ketiga nilai t hitung dapat diketahui bahwa semua variabel independent tersebut secara individual menunjukan signifikansinya dalam mempengaruhi disiplin kerja pegawai dilingkungan Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Nilai F hitung sebesar 9,805 menunjukan bahwa ketiga variabel independent yang ada didalam model tersebut secara serentak signifikan mempengaruhi variabel dependen.

Tidak ada komentar: